Sabtu, 04 Juli 2009

Beberapa Asosiasi dan Lembaga Manajemen Internasional



Salah satu perkembangan sangat diperhatikan pada bisnis di abad dua puluh satu adalah kenaikan manajer bisnis profesional. Dimana seseorang yang memiliki pelatihan yang cukup, yang biasanya termasuk pengalaman dalam berbisnis, kenaikan posisi atau jabatan pada sebuah perusahaan, manajer masa kini yang graduasi dalam administasi bisnis umum dan beberapa program yang berkaitan. Bersamaan dengan manajemen bisnis yang berfungsi sebagai profesi pada perkembangan Asosisasi dan Lembaga manajemen internasional.
Keberadaan organisasi internasional adalah untuk menghadirkan manajer bisnis yang terbatas pengaturan ekonomi perusahaan. Organisasi ini memiliki beberapa tujuan diantaranya mencantumkan koordinasi dari aktivitas anggota, memfasilitasi manajer informasi dan penyebaran penemuan baru dari keuntungan pada manajer bisnis, menyebarkan informasi pada anggota dan bagian lain yang diuntungkan dari keberadaan inrmasi baru ini, memonitor tren dan industri tertentu dan area manajemen bisnis, serta mengumpulakan dan memilah-milah data statistik. Untuk itu asosiasi bisnis sangat dicari untuk mengembangkan profesionalitas anggota mereka, perkembangan ekonomi pada industri tertentu di suatu wilayah tertentu, dan perkembangan praktik manajemen bisnis yang efektif. Pada beberapa kasus, aktivitas mereka cenderung berhubungan dengan manajemen perusahaan mereka. Berikut ini merupakan kepemimpinan pada organisasi manajemen internasional yang menunjukkan perbedaan dari cakupannya mereka serta persamaan pada aktivitas mereka.

Beberapa Asosiasi dan Lembaga Manajemen Internasional Terkemuka
A. Asosiasi Manajemen/Asosiasi Manajemen Internasional (Association Of Management/International Association Of Management)
Asosiasi Manajemen (AoM) Asosiasi Manajemen Internasional (IAoM) ditemukan pada tahun 1975 sebagai organisasi profesional yang memiliki akadedemisi bisnis dan para praktisi manajemen bisnis. Organisasi ini pertama kali dikenal sebagai Asosiasi Manajemen Sumber Daya Manusia dan Organisasi Perilaku/Human Resources Management and Organizational Behavior (HRMOB), dan namanya diganti dengan AoM/IAoM pada 1993. Berdasarkan misi mereka, kedua organisasi tersebut mencari sebuah jembatan jarak antara teori dan praktik pada maanjemen, pendidikan, teknologi, dan kepemimpinan melalui beberapa disiplin ilmu. Tujuan utama pada organisasi tersebut adalah melanjutkan perkembangan profesionalitas manajer bisnis individu. Dengan pengakuan/klaim seperti ini mereka sangat dekat hubungannya dengan Asosiasi Manajemen Nasional tingkat dunia. Kedua perusahaan tersebut juga memberitahukan rapat terjadwal yang rutin dan menerbitkan publikasi untuk menfasilitasi pertukaran informasi diantara anggota mereka dan melalui anggota, komunitas bisnis, dan publik..

B. Asosiasi Manajemen Amerika (American Management Association)
Pada tahun 1923, Asosiasi Personal Nasional namanya menjadi Asosiasi Manajemen Amerika. Misi AMA adalah dapat meng-global, bukan untuk profit saja, berbasiskan keanggotaan pada asosiasi yang menediakan rangkaian pengembangan dan pendidikan manajemen yang disediakan untuk individu, perusahaan, dan agen pemerintah dunuia. Organiasi ini menyediakan forum untuk informasi dan ide untuk praktik manajemen dan tren bisnis, yang disebarkan ke seluruh dunia melalui beberapa chanel distrbusi.

C. Asosiasi Seluruh Manajemen India (All India Management Association)
Asosiasi Manajemen Seluruh India (AIMA) mengklaim akan menjadi bagian penting orang India yang membantu para manajer India memiliki kesempatan yang lebih untuk meningkatkan perubahan mereka. Sejak tahun 1957 melalui dukunga dari pemerintah dan industri India, AIMA sekarang telah memiliki lebih dari 30.000 anggota perorangan yang profesional dan lebih 3.000 anggota perusahaan. Aktivitas-aktivitas mereka meliputi pendidikan dan pengembangan maanjemen, publikasi, dan percobaan layanan. AIMA merupakan wakil dari sejumlah komisi yang terbentuk dengan pembentukan kebijakan yang dibentuk oleh pemerintah India, dan terasosiasi dengan Asosiasi Organiasi Manajemen Asia dan Dewan Manajemen Dunia, melalui grup lain.

D. Asosiasi Konsulat Federasi Manajemen Eropa (European Federation Of Management Consulting Associations)
Terbentuk pada tahun 1960, FEACO terdiri dari asosiasi-asosiasi nasional yang mewakili beberapa konsultan manajemen. Selanjutnya untuk menformulasi standar etika dan praktiknya di lapangan, FEACO menyelenggarakan survey terhadap industri dan pemilahan data statistik pada tampilan manajemen perusahaan-perusahaan konsultasi di Eropa.

E. Asosiasi Proyek Manajemen Internasional (International Project Management Association)
Dikenal pada tahun 1965 sebagai sebuah grup diskusi informal yang terdiri dari para manajer proyek-proyek internsional, IPMA menyelenggarakan kongres pertama pada tahun 1967. Pada tahun 1999 anggotanya terdiri dari 26 organisasi yang secara keseluruhan memiliki lebih 12.000 manajer proyek, dan perusahaan ini merupakan promotor internasional yang utama pada proyek manajemen. IPMA memberikan sertikasi profesional pada perorangan

F. Asosiasi Pengembangan Manajemen Eropa Timur dan Pusat (Central And East European Management Development Association)
Fungsi dari CEEMAN berbeda dengan beebrapa lembaga manajemen yang lain, yakni memberikan relativitas dalam waktu singkat yakni eksistensi dari maanjemen bisnis dapat dikembangkan di bawah peraturan komunis. Misalnya, organiasi secara pokok terfokus pada pemantapan pendidikan bisnis dan manajemen di Eropa Timur, dan melakukan pertukaran informasi antar anggota.

G. Asosiasi Eksekutif Manajemen Internasional (Association Of International Management Sales Executives)
Grup ini mewakili manajemen penjulan personal, amnajer dana pensiun, dan pemasar pada manajemen perusahaan pasar uang dunia. AIMSE mencoba untuk meningkatkan profesi manajemen penjualan, mendorong perkembangan profesional pada annggotanya melalui program-program pendidikan, mengumpulkan dan menyebarkan informasi manajemen penjualan, dan memfasilitasi pertukaran informasi antar anggota pada rapat tahunan.
H. Institusi Manajemen Australia (Australian Institute Of Management)
Merupakan badan terbesar di Australia untuk manajer dan telah masyhur dengan penyediaan pembelajaran dan konsutasi manajemen. AIM mengelola jaringan kerja dari toko buku dan fasilitas perpustakaan yang terdedikasi untuk mengimplementasikan manajemen informasi. Anggota AIM sekitar 25.000 peserta perorangan dan 6.000 anggota inti perusahaan.

I. Asosiasi Manajemen Personal Eropa (European Association Of Personnel Management)
Dikenal pada tahun 1962, EAPM mewakili peraturan khusus pada manajemen bisnis yang disebut dengan amnajer peronalia. Asosiasi berfungsi sebagai perwakilan organiasi manajemen personalia nasional, menyelenggarakan standar pelaksanaan dan praktik maanjer personalia.

J. Manajemen Perkembanagn Hubungan Wanita Eropa (European Women's Management Development Network)
EWMD terbentuk pada tahun 1984, merupakan wakil wanita pada manajemen bisnis di 30 negara tidak diakui di bidang lapangan usaha mereka. Jaringan kerja berguna untuk memajukan profesionalitas anggotanya, melayani sebuah pertukaran informasi pengakuan wanita pada manajemennya, dan mendorong kepastian persamaan jender pada profesi manajemen bisnis.]

K. Institusi Manajemen Spesialis (Institute Of Management Specialists)
IMS dibentuk pada tahun 1971, yang terdiri dari manajer dan bisnis komersial bisnis dan teknik profesional pada tiga puluh sembilan negara. Institusi ini membentuk standar praktis untuk spesialis manajemen, menyelenggarakan ujian dan melimpahkan sertifikasi pada perorangnan yang terkulifikasi.

L. Manajemen Dengan Ketentuan Sendiri Amerika Latin dan Dewan Karibia (Latin American And Caribbean Council For Self-Management)
LCCSM terbentuk pada tahun 1977 terdiri dari organisasi manajemen internasional, pusat penelitian, dan praktik bisnis dengan manajemen yang dilakukan sendiri. Dewan menjalankan sebuah forum yang memfasilitasi pertukaran informasi antar anggotanya, mengumpulkan dan menyebarkan manajemen yang dilakukan sendiri pada bagia-bagian yang tertarik.

M. Asosiasi Manajemen Profesional (Management Professionals Association)
Asosiasi ini terbentuk pada tahun 1981, terdiri dari 26.000 perorangan di 161 negara. MPA mendorong untuk mewakili keuntungan profesional pada manajer bisnis di semua lapangan. Dalam usahanya untuk meningkatkan praktik manajemen bisnis, MPA mengembangkan model-model profil yang menggambarkan sifat-sifat personalia sukses yang dibagikan oleh manajer yang efektif, menyelenggarakan program penelitian dan pendidikan pada lapangan manajemen bisnis. MPA juga menyediakan layanan informasi tentang masalah-masalah manajemen perusahaan berpengalaman.

N. Dewan Manajemen Dunia (World Management Council)
Perkembangan cepat pada lapangan manajemen bisnis, dan persepsi pada peningkatan perdagangan internasional, kata U.S president Herbert Hoover untuk membuka kongres Manajemen Internasional perdana di Praga, Cekoslovakia, tahun 1924. Peserta menemukan proses yang begitu informatif yang merupakan suatu bentuk keputusan manajemen internasional terhadap beberapa penelitian, pertukaran informasi, inisiatif perkembangan praktik manajemen selaam kongres. MWC secara subsekuen atau berkala ditemukan pada tahun 1926, dan telah menjalankan organisasi payung untuk asosiasi yang mewakili para manajer bisnis di berbagai belahan dunia. Misinya adalah melakukan pertukaran informasi dan pengembangan manajemen bisnis, menyebarkan praktik dan teknik manajemen antar anggotanya. WMC juga mengoperasikan asosiasi manajemen nasional pada berbagai negara, memiliki afiliasi atau cabang termasuk Dewan Manajemen Eropa, Asosiasi Organisasi Manajemen Asia, Dewan Manajemen Amerika Utara dan Amerika Raya (Pan-Amerika), ayng mana fungsinya sebagai asosiasi manjemen bisnis internasional dengnan hak mereka sendiri.
Selanjutnya sebagai fungsinya sebagai sebuah organisasi penelitian dan sebuah forum untuk pertukaran informasi, WMC mengelola hubungan dekat dengan perdagangan internasional dan agen pengembangan, termasuk Kesatuan Ekonomi Bangsa (The United Nation Economic) dan dewan sosial, Kesatuan Organisasi Pengembangan Industri Bangsa (The United Nations Industrial Development Organization), Kesatuan Institusi Pelatihan dan Penelitian Bangsa (The United Nations Institute for Training and Research) dan Organisasi Buruh Internasional (The International Labour Organization). Keduanya bergerak secara langsung dengan badan-badan melalui cabang-cang regionalnya, WMC memainkan aturan aktif pada perkembangan dan implementasi proyek skala nasional dan internasional yang eterdesain untuk mengembangkan kebijakan dan praktik manajemen.
WMC mengundang semua anggotanya setiap tahun pada kongres tahunan. Kongres WMC mempresentasikan penelitian, opini, dan diskusi panel pada sebuah topik variasi manajemen yang dipilih oleh industri internasional, pemerintah, dan para pemimpin akademis.

O. Asosiasi Manajemen Penampilan (Performance Management Association)
PMA Terbentuk pada tahun 1985 yang mewakili manajer proyek pada seluruh bidang aktivitas bisnis. Asosiasi bekerja untuk mengembangkan pemahaman akan teknik dan nilai dari dugaan penampilan dari kalangan manajer bisnis, melaksanakan program pendidikan utnuk manajer yang tertarik pada pembelajaran lebih lanjut tentang topik ini.

P. Institusi Manajemen Universitas (University Management Institutes)
Sesuatu hal yang agak berhubungan dengan kategori organisasi mengarah pada institusi maanjemen universitas. Organisasi-organisasi ini mirip dalam mengatur lembaga dan asosiasi, akan tetapi mereka secara umum agak memiliki tujuan yang berbeda. Institusi manajemen universitas berhubungan dekat dengan lembaga dan organisasi manjemen bisnis. Manajemen institusi eksis di dunia, dan mereka secara primer terbatas pada aktivitas pendidikan, mereka juga kadang-kadang bekerja dengan menerapkan manajemen asosiasi dan grup indusitri untuk mendapatkan data pada industri yang spesifik atau wilayah aktivitas ekonomi. Proyek manufaktur 2000 (M2000) telah dikelola oleh institusi internasional untuk Manajemen Pengembangan yang menyediakan semisal bentuk kerjasama antara akademisi, industri, dan asosiasi bisnis.
M2000, merupakan proyek sepuluh tahun yang dimulai pada tahun 1990 sampai tahun 2000 yang memberikan team operasi secara bersama yang terdiri dari peneliti, profesor, maanjer bisnis, dan kerjasama anggota yang terkemuka pada 16 perusahaan manufaktur terbesar. Masing-masing perusahaan berpartisipasi dalam proyek ini yang terdiri dari rencana mereka untuk mengatur perubahan praktik terbaik untuk perkiraan dan revisi oleh tim internal M2000. Direksi, Manajerial, dan peserta akademik di M2000 menemukan bahwa proyek tersebut difasilitasi pertukaran informasi, dan memiliki dampak yang positif terhadap semua bidang. Penjagaan dalam menyentuh realita manajemen bisnis setiap hari telah membantu para akademisi untuk mengembangkan proyek yang lebih berguna, yang lebih dikenal dengan perkembangan akademik yang telah terbukti berguna bagi manajer yang mengharapkan perubahan pada prosedur dan struktur perseroan. Jadi, meskipun secara esensial merupaakn program akademik, Institusi Internasional dari Manajemen Sumber Daya Manusia telah mengisi fungsi yang serupa pada asosiasi manajemen bisnis terkemuka.

Peranan Asosiasi dan Lembaga Manajemen
Sebagaimana penjelasan sebelumnya, Manajemen Asosiasi, merupakan penjabaran dari manajemen institusi unversitas, keberadaan yang pokok untuk mengembangkan keuntungan anggota mereka, atau untuk mengembangkan kelas partikular atau tipe dari manajer bisnis. Mereka dapat lebih aktif dalam memformulasi standar profesional dari etika dan praktik, pengembangan kebijakan nasional dan internasional daapt bersinggungan pada bisnis dan perdagangan, pendidikan bisnis dan manajemen pengumpulan dan penyebaran informasi kepada anggota internal tentang topik bisnis dan manajemen. Mereka kemungnkinan juga melayani badan-badan dan sumber-sumber standar etik dan praktik pada sebuah kawasan manajemen bisnis bagian. Asosiasi dan Lembaga manajemen internasional memiliki fungsi umum yakni: malayani pertukaran informasi antara profesional dari negara berbeda. Misalnya, mereka memiliki peranan vital dalam menstimulasi perdagangan global, dan mempromosikan perubahan manajemen bisnis seabgai sebuah profesi.

DAFTAR PUSTAKA

http://www.google.co.id/search?q=%22Association+of+international+managemen t%22&hl=id&start=10&sa=N

http://www.google.co.id/search?as_q=&hl=id&num=10&btnG=Telusuri+dengan+Google&as_epq=Association+of+international+management&as_oq=&as_eq=&lr=&cr=&as_ft=i&as_filetype=pdf&as_qdr=all&as_occt=any&as_dt=i&as_sitesearch=&as_rights


TUGAS MAKALAH
MANAJEMEN INTERNASIONAL
Variabel-variabel (Asosiasi, Ekonomi, Politik, Agama, dan Pendidikan) yang Mempengaruhi Manajemen Internasional


DOSEN PEMBIMBING
M. Fatkhur Rozi, MM

Oleh:
M. Adib Mawardi (06610041)

JURUSAN MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) MALANG
2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar